Categories
Resep

Bagian Kedua Cara Membuat Kimbab Halal

Lanjut kebagian kedua cara membuat kimbab sehat dirumah

Wortel secukupnya. Usahakan kamu memiliki wortel segar yang masih memiliki cukup kandungan air dan memiliki rasa kemanis-manisan. Iris-iris wortel segar serupa dengan telur dan daging.

  1. Jika ingin lebih maksimal, kamu bisa menambahkan juga asinan lobak yang juga dipotong seperti mie. Bisa juga detambahi makanan khas kore lain yang tidak kalah terkenal, yaitu kimci. Mendapatkan kimci mungkin akan sulit sehingga dapat mengakalinya dengan tumis sawi.

Baca Juga: Praktis Ini Cara Membuat Kimbab

  1. Sebagai pembungkus, kamu bisa menggunakan nori yang dijual sebagai snack di mini market. Itu lebih enak karena sudah diberi bumbu serbuk yang sesuai dengan lidah orang kita. Namun, kamu juga bisa menggunakan nori tawar yang memang dikhususkan untuk makanan jepang. Nori tawar memiliki ukuran yang lebar sehingga memudahkan dalam penggulungan.
  2. Terakhir, untuk memperkuat rasa, gunakan cuka dan wijen secukupnya. Anda juga bisa menyiapkan sambal saus yang terbuat dari kecap asin dan cabai bubuk.

Hal yang harus kamu ingat dalam menyiapkan bahan-bahan membuat kimbab adalah jumlahnya yang sedikit. Jangan berlebihan, karena bahan yang digunakan akan sangat sedikit. Jangan sampai malah terbuang sia-sia.

Nah, jika bahan-bahan tadi sudah kamu siapkan, selanjutnya bisa kamu mulai membuat kimbab. Begini cara membuat kimbab yang benar dan mudah. Ini juga bisa Anda lakukan sebagai kegiatan bersama anak loh.

Cara Membuat Kimbab Halal dengan Bahan Murah Dirumah

 

Pertama, campurkan nasi dengan cuka, wijen, dan garam. Hati-hati dalam mencampurkan bahan-bahan ini. jangan sampai nasi menjadi hancur dan malah mirip bubur nantinya. Jangan ada juga garam dan wijen yang menggumpal. Jika sudah, maka tinggalkan sebentar supaya meresap sembari menyiapkan bahan yang lain.

Di wadah yang lain, kamu bisa mulai siapkan wortel. Kamu bisa menggunakan wortel segar atau mentah, namun juga bisa menumisnya terlebih dahulu. Tumis saja dengan bumbu sederhana bersama daging sapi yang tadi juga sudah disiapkan. Agar lebih enak, jangan terlalu matang dalam menumis wortel. Tetap jaga rasa manis dan tekstur renyah yang ada dalam wortel.

Selanjutnya, kamu sudah bisa mulai menaruh nasi di atas nori atau rumput laut pipih. Usahakan di baawahnya telah kamu beri lapisan plastik supaya mudah saat menggulung nantinya. Kemudian, di atas nasi dapat kamu tambahkan isian-isian seperti wortel, lobak, daging, irisan telur, dan bayam. Jangan lupa perhitungkan letaknya agar nanti terlihat cantik saat disajikan.

Jika semua sudah tertata, kamu bisa mulai menggulung calon kimbab itu. Gulung dengan cantik ya supaya yang kamu ajak makan nanti juga tertarik. Jangan sampai norinya sobek. Jika sudah rapi, selanjutnya dapat kamu potong sesuai selera.

Sebaiknya dipotong tidak terlalu tebal. Nah, tips memotong kimbab supaya tidak hancur adalah dengan cara memotongnya di bagian tengah.

Maksudnya adalah, dari gulungan yang kamu punya, kamu potong menjadi dua, lalu menjadi empat, dan seterusnya. Memotong dengan cara membagi dua begitu akan membuat gulungan terjaga bentuknya dan membuat satu potongan sama dengan potongan yang lain.

Akhir perjuangan, kimbab pun sudah siap untuk dinikmati. Supaya lebih tahan lama, usahakan simpan di tempat yang tidak tertutup udara, ya. Atau, jika kamu menaruhnya di kotak makan, lebih baik kamu lapisi dengan kertas minyak.

Nah, itu tadi adalah cara membuat kimbab dengan bahan-bahan yang mudah di dapatkan di sekitar kita secara murah. Kamu bisa mencobanya untuk membuat bekal, hadiah kepada teman, atau hanya untuk mengisi waktu luang bersama anak. Sahabat, tetap makanan makanan yang bergizi ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *