Categories
News

Bingung Cara Mengobati Batuk Berdahak? Coba Ikuti Cara Ini

Penyakit pilek dan batuk adalah penyakit akibat virus yang tidak mematikan namun sangat mengganggu dalam menjalani kegiatan sehari-hari bahkan mengganggu waktu istirahat.

Anda tidak akan tidur nyenyak jika mersakan hidung tersumbart di malam hari akibat pilek. Anda juga tidak akan merasakan tidur nyenyak jika batuk berdahak sering melanda.

Batuk berdahak akibat penyakit flu ini bisa menular dengan mudah. Penularannya mealui udara maka untuk melakukan pencegahan Anda harus menggunakan masker dan hindari orang yang batuk atau pilek.

Pencegahan yang lainnya adalah dengan menjaga kebutuhan nutrisi pada tubuh. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Makan makanan gizi seimbang akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus dan bakteri, bahkan ketika cuaca yang panas atau hujan. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Buang sampah pada tempatnya dan buka jendela agar sirkulasi udara di dalam ruangan tetap terjaga dengan baik. Sirkulasi udara yang baik akan menimalisir adanya virus flu dan batuk.

Apabila Anda memiliki anak kecil dan hewan peliharaan, pastikan lingkungan mereka tetap bersih. Terutama bagi Anda yang memelihara hewan peliharaan seperti kucing dan anjing di dalam ruangan. Pastikan Anda rajin membersihkan kandang mereka dan membuang kotoran setiap harinya.

Namun jika Anda dalam keadaan lemah dan daya tahan tubuh melemah maka penyakit flu dan batuk akan menyerang dengan mudah. Mau tidak mau Anda harus memilih jalur pengobatan baik medis maupun alami.

Penyakit batuk berdahak yang normal akan cepat sembuh hanya dengan memenuhi nutrisi dalam tubuh namun jika ada penyebab penyakit lainnya seperti difteri maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Mengobati secara alami biasanya bisa dilakukan kurang lebih hingga tiga hari ke depan, namun jika batuk berdahak semakin parah apalagi jika sampai mengeluarkan darah ini yang harus Anda waspadai. Ada kemungkinan besar penyakit lain menjadi pemicu dan bukan hanya virus flu atau batuk biasanya.

Pengobatan awal batuk berdahak tidak dianggap terlalu serius namun sangat mengganggu. Anda harus menggunakan masker agar tidak menularkan penyakit kepada orang lain terlebih di keluarga.

Anda juga harus teta menjaga kebersihan dan menjaga pantangan makan seperti makanan berminyak yang akan memicu batuk semakin parah.

Ketika Anda batuk pastikan Anda membuang dahak karena jika Anda menelannya kembali dahak akan semakin banyak dan batuk Anda tidak kunjung sembuh.

Selain menjaga kondisi dan makanan, Anda bisa mengkonsumsi beberapa obat alami yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk mengurangi dahak. Berikut ini obat alami yang bisa Anda konsumsi:

Jeruk nipis dan kecap

Obat ini sangat ampuh dan digunakan oleh orang zaman dahulu. Kecap akan mengurangi rasa asam dari jeruk namun tidak akan membuat Anda batuk karena pemanis yang digunakan aman.

Untuk mengkonsumsinya Anda bisa memeras jeruk nipis pada satu sendok makan kemudian camurkan dengan sedikit kecap. Minum obat ini setiap setelah makan dan lakukan hingga dahak mulai berkurang bahkan hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *