Categories
Education

7 Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris Yang Tepat

Kursus Bahasa Inggris – Penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional mau tidak mau memaksa kita untuk memiliki skill berbahasa Inggris yang mumpuni. Aktivitas apa saja yang kalian lakukan, sangat sulit untuk terbebas dari bahasa Inggris.

Mulai hal terkecil seperti penggunaan gadget, main game, panduan alat elektronik, sampai urusan pekerjaan, semuanya akan berhubungan dengan kosakata bahasa Inggris.

Bahkan jika kalian ingin kuliah di luar negeri maka salah satu persyaratannya adalah harus bisa berbahasa Inggris dan memiliki sertifikat IELTS yang bisa didapatkan dengan mengikuti IELTS preparation test di berbagai macam lembaga bahasa asing.

7 Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris Yang Tepat

Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris

Bagi orang yang ingin segera mahir, biasanya mereka memilih bergabung ke kursus bahasa Inggris. Nah berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan dalam memilih lembaga kursus bahasa Inggris.

1.Placement test

Sebelum memulai kursus, kalian harus tahu level skill bahasa Inggris yang dimiliki. Dan untuk mengetahui level bahasa Inggris, kalian bisa memilih lembaga kursus yang menyediakan placement test gratis.

Biasanya skill bahasa Inggris berkisar antara level 1 atau beginner hingga level 9 atau very advanced. Placement test penting dilakukan agar kalian mendapat pelatihan yang sesuai dengan kemampuan.

2.Cari tahu metode belajarnya

Setiap lembaga kursus biasanya menawarkan metode belajar yang berbeda-beda. Bagi kalian yang ingin segera bisa berbahasa Inggris, pilih kursus yang menfokuskan pada percakapan atau conversation. Dan sudah seharusnya lembaga kursus merangsang siswa untuk berlatih percakapan sejak hari pertama pelajaran.

Metode belajar yang baik juga membuat kalian paham dan segera bisa mempraktekkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kalian pasti tidak ingin belajar berbulan-bulan di tempat kursus kan?

3.Memilih jadwal

Biasanya orang mengambil kursus sebagai kegiatan tambahan. Jadi kalian perlu mengambil jadwal yang pas agar tidak mengganggu kegiatan utama. Bagi yang bekerja dari pagi sampai sore, sebaiknya mencari jadwal kelas malam. Atau kalian bisa juga mencari lembaga yang menyediakan kursus Sabtu-Minggu.

Tapi bagi yang benar-benar kesulitan menyesuaikan jadwal kelas, tidak ada salahnya mengambil kursus privat. Walaupun lebih mahal, kursus privat membuat kalian bisa menentukan jadwal sendiri.

4.Cek kualitas pengajar

Pengajar yang kompeten, pintar, dan profesional bisa menjadi faktor utama dalam memilih kursus. Tapi pintar saja tidak cukup, pengajar yang baik harus bisa menjadi teman diskusi dan bertanya yang nyaman. Untuk mengetahui kualitas pengajar dan metode yang digunakan, tidak ada salahnya untuk meminta ikut trial class.

Dengan ikut trial class, kalian bisa tahu apakah kelas tersebut menarik, interaktif, membuat kalian antusias untuk terlibat dalam pembelajaran.

5.Cari testimoni

Untuk mendapat informasi akurat, ada baiknya kalian mencari testimoni. Testimoni juga banyak tersedia di internet, tapi kalian harus selektif karena ada banyak testimoni palsu yang hanya memberi pujian. Yang terbaik, usahakan mendapat testimoni langsung dari alumni atau siswa.

6.Lihat suasana kelas

Sebagian lembaga kursus suasana kelasnya bisa terasa sangat ramai. Padahal jumlah siswa per kelas terlalu banyak membuat siswa sulit untuk fokus. Sebaiknya kalian cek langsung ke lembaga kursus dan cari kursus yang menyediakan kelas kecil, namun memiliki interior yang keren sehingga bisa membuat kamu selalu fokus saat proses belajar dan tidak mudah bosan.

Karena belajar di kelas kecil membuat pengajar lebih mudah mengawasi perkembangan tiap siswa. Kelas kecil juga membuat kalian lebih nyaman dalam menjalani pembelajaran dan berinteraksi dengan pengajar.

7.Sesuaikan biaya kursus dengan budget

Biaya menjadi faktor penting bagi sebagian siswa, terutama yang berkantong pas-pasan. Sebaiknya pilih lembaga kursus yang biayanya terjangkau dan sesuai dengan budget. Jangan memaksakan diri dengan kursus berbiaya mahal kalau pada akhirnya hanya menambah beban pikiran.

Demikian tadi 7 tips pemilihan kursus bahasa Inggris. Tapi sekali lagi, tiap siswa memiliki gaya dan seleranya masing-masing. Jadi tidak masalah juga kalau kalian memiliki kiat sendiri dalam memilih lembaga kursus. Nah, selamat belajar ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *