Categories
Parenting

Manfaat Episiotomi

  • Mengurangi risiko robekan yang lebih luas. • Luka yang sedikit akan membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat. • Memperluas jalan lahir agar bayi dapat lebih mudah keluar panggul, terlebih bila bayi berukuran besar. • Mengurangi risiko ibu kekurangan darah yang disebabkan oleh luka. Semakin besar luka, maka darah yang dikeluarkan tentu saja akan semakin banyak.

Baca juga : kursus bahasa Jerman di Jakarta

Perawatan Pascaepisiotomi

Setelah proses persalinan selesai, lamanya proses penyembuhan luka sekitar 5-7 hari. Sedangkan proses pemulihan tubuh secara menyeluruh membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Namun, pemulihan setiap mamil jelas berbeda, bergantung pada kondisi tubuh dan perawatan luka karena setiap luka berpotensi infeksi bila tak dirawat dengan baik. Untuk itu, beberapa langkah perawatan ini perlu Mama lakukan pascapersalinan normal:

  • Rutin mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter. Pascapersalinan normal maupun sesar, bisanya dokter akan memberikan antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka. Minumlah sesuai anjuran supaya pemulihan luka dapat lebih cepat selesai. • Vagina tetap bersih dan kering. Sehabis membersihkan bekas pipis maupun pup, kompres luka dengan antiseptik pemberian dokter untuk mencegah terjadinya infeksi.
  • Konsumsi makanan sehat. Tubuh yang sehat merupakan modal utama untuk penyembuhan luka yang cepat. Untuk itu, konsumsilah makanan bergizi, seperti: telur, daging, sayur, dan buah. Bila Mama ada riwayat alergi, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter mengenai makanan apa saja yang dapat memengaruhi luka, semisal pontensi timbulnya rasa gatal.
  • Banyak gerak namun wajar. Banyak gerak bila memungkinkan akan membantu melenturkan otot-otot sekitar vagina sehingga mempercepat proses pemulihan. Namun, Mama tidak perlu beraktivitas berlebihan karena dalam sebulan pertama kondisi tubuh belum pulih benar. Perbanyak istirahat supaya mendapatkan energi cukup untuk merawat buah hati. • Kontrol ke dokter. Untuk melihat apakah luka sudah sembuh betul, Mama bisa konsultasi ke dokter kandungan sesuai jadwal yang diberikan atau satu minggu setelah proses persalinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *